Senin, 21 Oktober 2013

Pengantar Teknologi Informasi

Dalam matakuliah Pengantar Teknologi Informasi terdapat banyak hal yang harus dipahami dan dimengrti ,contohnya dari beberapa hal dibawah ini.

PENGERTIAN DATA

Data adalah kumpulan fakta dari suatu obyek tertentu. Umumnya, fakta dari suatu obyek itu tak terhitung jumlahnya, maka hanya data yang dibutuhkan saja yang akan diproses oleh komputer. Fakta-fakta ini dibutuhkan dalam suatu system guna menghasilkan informasi yang akurat.
Proses pengolahan data terbagi menjadi tiga tahapan, yag disebut dengan siklus pengolahan data (Data Processing Cycle), yaitu :

  1. Tahapan Input, Dilakukan proses pemasukan data ke dalam komputer melalui media input (Input Device).
  2. Tahapan Prosesing, Dilakukan proses pengolahan data yang sudah dimasukkan, yang dilakukan oleh alat pemroses (Process Devices) yang dapat berupa proses perhitungan, perbandingan, pengendalian, atau pencarian di penyimpanan (Stored).
  3.  Tahapan Output, Dilakukan proses menghasilkan output dari hasil pengolahan data ke alat output (Output Devices) yaitu berupa informasi.
PENGERTIAN SISTEM & SISTEM INFORMASI

Sistem adalah sekelompok entitas (sebuah database atau sekumpulan data) yang saling berhubungan dan aktivitasnya yang terinteraksi untuk tujuan yang sama.Komponen dalam sistem adalah : 
Input -> Proses -> Output.
Informasi adalah merupakan data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi penggunanya. Informasi dapat diperoleh dari sistem informasi (Information System) atau disebut juga dengan prosessing system atau information generating system.
Jadi, Sistem Informasi adalah Serangkaian proses yang dieksekusi pada data mentah , untuk menghasilkan informasi yang berguna untuk pengambilan keputusan.


JARINGAN KOMPUTER DAN INTERNET

Jaringan Komputer adalah kumpulan dua atau lebih komputer yang saling berhubungan untuk melakukan komunikasi data. Komunikasi data yang bisa dlakukan melalui jaringan komputer dapat berupa teks, gambar, video dan suara. Internet adalah jaringan komputer yang menghubungkan berjuta komputer diseluruh dunia, tanpa batas negara, hanya dengan melakukan koneksi ke penyedia jasa internet seperti Telkom Speedy misalnya. Di dalam sebuah jaringan komputer, tak pernah lepas dari server dan client.
Server, merupakan perangkat yang menyediakan dan bertindak sebagai pengelola aplikasi, data, dan keamanannya. Sedangkan Client, merupakan perangkat yang menerima yang akan menampilkan dan menjalankan aplikasi (software komputer). Antara komputer dan server, dalam suatu jaringan biasana di hubungkan melalui kabel UTP dan sebuah kartu jaringan (Network Card).

STORAGE
Storage merupakan benda fisik yang digunakan untuk penyimpanan, biasa disebut sebagai secondary storage. Pengertian memori sebenarnya ada 2 macam, yang pertama dalah memori interal (memori yang terletak di dalam komputer), dan yang kedua adalah memori eksternal (memori yang berada pada luar komputer). Ada 2 macam penyimpanan data :
1.        Primary Storage (Penyimpanan Primer), dicirikan dengan :
Kecepatan akses yang lebih tinggi
Kapasitas terbatas / kecil
Dapat diakses langsung oleh CPU
Harga mahal
Memori Utama
Volatile Storage
2.       Secondary Storage (Penyimpanan Sekunder), diciran dengan :
Kecepatan akses lebih rendah
Berharga lebih murah
Kapasitas besar
Nonvolatile Storage
Akses time adalah waktu yang diperlukan perangkat penyimpanan untuk menemukan item pada media penyimpanan, waktu yang dibutuhkan untuk memberikan item dari memori ke processor.

FLOPPY DISK
Floppy Disk yang dikenal sebagai disket merupakan media penyimpanan portable yang berkapasitas 1,44 Mb, harga relatif murah. Komponennya terdiri dari : Shutter, Shell, Liner, magnetig coating, metal hub, dan flexible thin film.
Cara kerja : Papan sirkuit pada drive yang berisi elektronik mengirim sinyal untuk mengontrol gerakan membaca / menulis kepala sampai mereka hampir tidak menyentuh permukaan film di dalam tepurung Floppy Disk. Papan sirkuit yang digunakan untuk memferivikasi apakah disk dapat ditulis atau tidak. Permukaan shell digerakan oleh motor yang bergerak pada porosnya. Disitulah proses penyimpanan data yang terekam pada film.

HARD DISK
Hard disk adalah media penyimpanan yang berkapasitas tinggi. Komponen-komponennya dirakit dalam ruang yang kedap udara dan tertutup untuk perlindungannya.
Cara kerja hard Disk : Circuit board mengontrol pergerakan akuatr kepala dan motor kecil, motor kecil itu berputar saat komputer berjalan, Head nya menentukan lokasi penyimpanan data baru atau membaca data yang sudah ada.

CD dan DVD
CD adalah media penyimpanan data atau informasi lainnya dalam jumlah besar, kapasitas CD lebih dari 600MB jauh lebih besar dari pada floppy Disk.
CD-ROM terbuat dari resin (polycarbonate) dan dilapisi permukaan yang sangat reflektif seperti aluminium. Informasi direkam secara digital sebagai lybang-lubang microskopis pada permukaan yang reflektif. Proses ini dilakukan dengan menggunakan sinar laser yang berontensi tinggi. Permukaan yang berlubang ini kemudian dilapisi oleh lapisan bening. Informasi dibaca degan menggunakan laser berintensitas rendah yang menyinari lapisan bening tersebut sementara motor memutar disk. Intensitas lser tersebut berubah setelah mengenai lubang-lubang tersebut kemudian terefleksi dan di deteksi oleh fotosensor yang kemudian dikonversi menjadi data digital.
2 macam CD, CD R -> yang hanya dapat dipakai satu kali, tidak dapat dihapus dan ditulis kembali. CD-RW -> CD yang mampu membaca dan menulis.

Semoga Bermanfaat Bagi Kalian yang sedang mengikuti matakuliah Pengantar Teknologi Infromasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar